Kopi Kehidupan Kunam Bahasa Inggris

Kopi Kehidupan Kunam Bahasa Inggris

Efek samping minum kopi terhadap hubungan intim

Meskipun pada sebagian orang kopi bisa jadi penolong untuk berhubungan seks, hati-hati dengan risikonya.

Pasalnya, Anda mungkin sangat peka terhadap kafein dalam kopi. Terutama kalau Anda tidak biasa minum kopi.

Beberapa orang melaporkan efek samping seperti sakit kepala, gelisah, cemas, mual, diare, dan insomnia.

Maka dari itu, kalau Anda minum kopi sebelum bercinta, ada risiko Anda justru mengalami efek samping tersebut.

Mood untuk bermesraan bisa hilang dalam sekejap karenanya. Akibatnya, Anda pun justru tak bisa menikmati hubungan intim bersama pasangan.

Quotes tentang Selflove

51. You are enough. (Kamu sudah cukup.)

52. Fall in love with taking care of yourself. (Jatuh cinta dengan menjaga diri sendiri.)

53. Self-love is the greatest gift you can give yourself. (Self-love adalah hadiah terbesar yang bisa kamu berikan kepada dirimu sendiri.)

54. Your value doesn't decrease based on someone's inability to see your worth. (Nilai dirimu tidak berkurang berdasarkan ketidakmampuan seseorang untuk melihat kebernilaianmu.)

55. Love yourself first and everything else falls into line. (Cintailah dirimu sendiri terlebih dahulu dan segala sesuatu akan berjalan dengan baik.)

56. The most important relationship you will ever have is the one you have with yourself. (Hubungan paling penting yang akan kamu miliki adalah dengan dirimu sendiri.)

57. Believe in yourself and all that you are. Know that there is something inside you that is greater than any obstacle. (Percayalah pada dirimu sendiri dan semua yang kamu miliki. Tahu bahwa ada sesuatu di dalam dirimu yang lebih besar daripada segala rintangan.)

58. Choose self-love over self-doubt. (Pilihlah self-love daripada keraguan pada diri sendiri.)

59. You are beautiful just the way you are. (Kamu cantik apa adanya.

60. Embrace your imperfections, they make you unique. (Peluklah ketidaksempurnaanmu, mereka membuatmu unik.)

61. Take care of your body. It's the only place you have to live. (Jaga tubuhmu. Itu satu-satunya tempat tinggalmu.)

62. Loving yourself is the highest form of self-respect. (Mencintai dirimu sendiri adalah bentuk penghargaan diri yang tertinggi.)

63. You deserve to be loved unconditionally, especially by yourself. (Kamu pantas dicintai tanpa syarat, terutama oleh dirimu sendiri.)

64. Your self-worth is not defined by what others think of you. (Harga dirimu tidak ditentukan oleh apa yang orang lain pikirkan tentangmu.)

65. Celebrate your uniqueness and embrace your flaws. (Rayakan keunikanmu dan peluklah kekuranganmu.)

66. You can't pour from an empty cup. Take care of yourself first. (Kamu tidak bisa memberi jika cangkirmu kosong. Jaga dirimu sendiri terlebih dahulu.)

67. It's okay to put yourself first. You deserve your own love and attention. (Tidak apa-apa memprioritaskan diri sendiri. Kamu pantas mendapatkan cinta dan perhatian darimu sendiri.)

68. Don't compare yourself to others, you have your own unique journey. (Jangan membandingkan dirimu dengan orang lain, kamu memiliki perjalanan yang unik.)

69. Believe in your abilities, they are more powerful than your doubts. (Percayalah pada kemampuanmu, mereka lebih kuat daripada keraguanmu.)

70. Self-love is not selfish, it is necessary for your well-being. (Self-love bukanlah egois, itu penting untuk kesejahteraanmu.)

71. You are your own biggest supporter. Believe in yourself. (Kamu adalah pendukung terbesarmu sendiri. Percayalah pada dirimu sendiri.)

72. Treat yourself with kindness, just as you would treat a loved one. (Perlakukan dirimu dengan baik, seperti yang kamu perlakukan pada orang yang kamu cintai.)

73. Don't wait for someone else to make you happy. Take charge of your own happiness. (Jangan menunggu orang lain membuatmu bahagia. Ambil kendali atas kebahagiaanmu sendiri.)

74. You are worthy of love and all the good things life has to offer. (Kamu pantas mendapatkan cinta dan segala kebaikan yang ditawarkan hidup.)

75. Self-love starts with self-acceptance. (Self-love dimulai dengan menerima diri sendiri.)

76. Don't be so hard on yourself. Remember, you are only human. (Jangan terlalu keras terhadap dirimu sendiri. Ingatlah, kamu hanya manusia biasa.)

77. Focus on your own growth and happiness. You are not responsible for others' opinions. (Fokuslah pada pertumbuhan dan kebahagiaanmu sendiri. Kamu tidak bertanggung jawab atas pendapat orang lain.)

78. Loving yourself is an act of courage. (Mencintai dirimu sendiri adalah perbuatan berani)

79. Be your own kind of beautiful. (Jadilah dirimu sendiri yang indah.)

80. You are deserving of love, respect, and all the good things in life. (Kamu berhak mendapatkan cinta, penghargaan, dan segala kebaikan dalam hidup.)

Kopi begitu digemari banyak orang, entah karena rasanya yang khas atau karena efeknya yang bisa menyegarkan pikiran Anda kembali. Konon, banyak yang berpendapat kalau minuman berkafein yang satu ini dapat meningkatkan performa di atas ranjang. Apa benar demikian? Apa saja efek minum kopi terhadap hubungan intim bersama pasangan? Cari tahu apa saja risiko dan manfaat minum kopi untuk hubungan intim di bawah ini.

Kata-kata Filosofi Kopi tentang Persahabatan

1. “Persahabatan kita itu kayak kopi tubruk, permukaanya kasar. Tapi ketika dicium, terus kenal lebih dalam, kamu enggak akan bisa ngelupain itu.”

2. “Dalam diammu, aku mendengar banyak suara. Diammu berkata-kata.”

3. “Kau sama si Jody itu bila kutengok, udah seperti biji kiri dan biji kanan. Meski ada satu yang lebih tinggi dibanding yang lain, tapi kalian ada di satu habitat yang sama.”

4. “Tapi yang benar-benar membuat tempat ini istimewa adalah Ben. Ia tidak sekadar meramu, mengecap rasa, tapi juga merenungkan kopi yang ia buat.”

5. “Lu sama gue tuh ibarat hati sama kepala. Hati sama kepala selalu punya masalahnya sendiri-sendiri, tapi yang satu gak bakalan bisa survive tanpa yang lain.”

Kata-kata Filosofi Kopi yang Romantis

1. “Pegang tanganku, tapi jangan terlalu erat, karena aku ingin seiring dan bukan digiring.”

2. “Cinta adalah mengalami. Membuka diri tidak sama dengan menyerahkan.”

3. “Cinta yang sudah dipilih sebaiknya diikuti di setiap langkah kaki, merekatkan jemari, dan berjalanlah kalian bergandengan.”

4. “Kalau saja hidup tidak berevolusi, kalau saja sebuah momen dapat selamanya menjadi fosil tanpa terganggu, kalau saja kekuatan kosmik mampu stagnan di satu titik, maka tanpa ragu kamu akan memilih satu detik bersamanya untuk diabadikan. Cukup satu.”

5. “Cinta butuh dipelihara. Bahwa di dalam sepak terjangnya yang serba mengejutkan, cinta ternyata masih butuh mekanisme agar mampu bertahan.”

8. “Ada banyak caraku untuk menanti kedatanganmu tanpa rasa bosan, Duduk manis sembari kunikmati kopiku dengan perlahan.”

9. “Begitu sederhana rindu kali ini, diterbangkan harum kopi, melekat indah di lembut pipimu, lalu mewarnai detik waktu.”

10. “Bulan purnama, bintang di setiap sudut langit, secangkir kopi, kejanggalan hati, merindukan sesuatu yang super sulit untuk di atasi, yaitu kamu.”

Berikut kata-kata mutiara dalam bahasa Inggris tentang kehidupan beserta artinya:

1. "Life is what happens when you're busy making other plans." - John Lennon (Hidup adalah apa yang terjadi saat kamu sibuk membuat rencana lain).

2. "The purpose of life is not to be happy. It is to be useful, to be honorable, to be compassionate, to have it make some difference that you have lived and lived well." - Ralph Waldo Emerson (Tujuan hidup bukanlah untuk menjadi bahagia. Tujuannya adalah menjadi berguna, memiliki kehormatan, memiliki belas kasihan, dan meninggalkan jejak positif).

3. "Life isn’t about waiting for the storm to pass; it’s about learning to dance in the rain." - Vivian Greene (Hidup bukanlah tentang menunggu badai berlalu, melainkan tentang belajar menari dalam guyuran hujan).

4. "The best revenge is massive success." - Frank Sinatra (Balas dendam terbaik adalah kesuksesan besar).

5. "In the end, it's not the years in your life that count. It's the life in your years." - Abraham Lincoln (Pada akhirnya, bukanlah tahun-tahun dalam hidupmu yang penting. Yang penting adalah bagaimana kamu menjalani hidupmu).

6. "Believe you can and you're halfway there." - Theodore Roosevelt (Percayalah bahwa kamu bisa dan kamu sudah setengah jalan menuju kesuksesan).

7. "The only way to do great work is to love what you do." - Steve Jobs (Satu-satunya cara untuk melakukan pekerjaan besar adalah dengan mencintai apa yang kamu lakukan).

8. "Life is a journey that must be traveled no matter how bad the roads and accommodations." - Oliver Goldsmith (Hidup adalah perjalanan yang harus dijalani, tak peduli seburuk apa jalanan dan akomodasinya).

9. "Life is really simple, but we insist on making it complicated." - Confucius (Hidup sebenarnya sederhana, tapi kita suka membuatnya rumit).

10. "The biggest adventure you can take is to live the life of your dreams." - Oprah Winfrey (Petualangan terbesar yang bisa kamu lakukan adalah menjalani hidup sesuai dengan impianmu).

11. "Life is 10% what happens to us and 90% how we react to it." - Charles R. Swindoll (Hidup adalah 10% tentang apa yang terjadi pada kita dan 90% tentang bagaimana kita meresponsnya).

12. "The purpose of our lives is to be happy." - Dalai Lama (Tujuan hidup kita adalah untuk bahagia).

13. "The biggest mistake you could ever make is to be afraid to make mistakes." - Anonymous (Kesalahan terbesar yang bisa kamu lakukan adalah takut melakukan kesalahan).

14. "Life is either a daring adventure or nothing at all." - Helen Keller (Hidup adalah sebuah petualangan berani atau sama sekali tidak).

15. "The best way to predict your future is to create it." - Peter Drucker (Cara terbaik untuk memprediksi masa depanmu adalah dengan menciptakannya sendiri).

16. "Life is not a problem to be solved, but a reality to be experienced." - Soren Kierkegaard (Hidup bukanlah masalah yang harus dipecahkan, tetapi realitas yang harus dialami).

17. "Your time is limited, don't waste it living someone else's life." - Steve Jobs (Waktumu terbatas, jangan sia-siakan dengan menjalani hidup orang lain).

18. "Life is really simple, but men insist on making it complicated." - Confucius (Hidup sebenarnya sederhana, tetapi manusia suka membuatnya rumit).

19. "Life is a series of natural and spontaneous changes. Don't resist them; that only creates sorrow. Let reality be reality. Let things flow naturally forward in whatever way they like." - Lao Tzu (Hidup adalah serangkaian perubahan yang alami dan spontan. Jangan menolaknya; itu hanya akan menciptakan kesedihan. Biarkan kenyataan menjadi kenyataan. Biarkan segala sesuatu mengalir dengan alamiah sesuai arah yang mereka suka).

20. "Life is short, and it's up to you to make it sweet." - Sarah Louise Delany (Hidup singkat, dan terserah kamu untuk menjadikannya indah).

Kata-kata mutiara dalam bahasa Inggris tentang kehidupan ini dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi kamu agar dapat menghadapi kehidupan dengan bijaksana dan penuh semangat.

31. Success is not final, failure is not fatal: It is the courage to continue that counts. - Winston Churchill (Kesuksesan bukanlah akhir, kegagalan bukanlah kehancuran: Keberanian untuk melanjutkan yang penting.)

32. The only place where success comes before work is in the dictionary. - Vidal Sassoon (Satu-satunya tempat di mana kesuksesan datang sebelum kerja adalah di kamus.)

33. Success is stumbling from failure to failure with no loss of enthusiasm. - Winston Churchill (Kesuksesan adalah terus berkubang dalam kegagalan tanpa kehilangan semangat.

34. Success usually comes to those who are too busy to be looking for it. - Henry David Thoreau (Kesuksesan biasanya datang kepada mereka yang terlalu sibuk untuk mencarinya.)

35. Success is not the key to happiness. Happiness is the key to success. If you love what you are doing, you will be successful. - Albert Schweitzer (Kesuksesan bukanlah kunci kebahagiaan. Kebahagiaan adalah kunci keberhasilan. Jika kamu mencintai apa yang kamu lakukan, kamu akan sukses.)

36. I can't give you a sure-fire formula for success, but I can give you a formula for failure: try to please everybody all the time. - Herbert Bayard Swope (Saya tidak bisa memberikanmu rumus pasti untuk kesuksesan, tapi saya bisa memberikanmu rumus untuk kegagalan: mencoba menyenangkan semua orang sepanjang waktu.)

37. Success is not in what you have, but who you are. - Bo Bennett (Kesuksesan tidak terletak pada apa yang kamu miliki, tapi pada siapa kamu.)

38. Success consists of going from failure to failure without loss of enthusiasm. - Winston Churchill (Kesuksesan terdiri dari perjalanan dari kegagalan ke kegagalan tanpa kehilangan semangat.)

39. Success is not the absence of failure; it's the persistence through failure. - Aisha Sabatini Sloan (Kesuksesan bukanlah tidak adanya kegagalan; itu adalah ketekunan melalui kegagalan.)

40. Success is not just about making money, it's about making a difference.  (Kesuksesan bukan hanya soal menghasilkan uang, tapi soal membuat perbedaan.)

41. The only limit to our realization of tomorrow will be our doubts of today. - Franklin D. Roosevelt (Satu-satunya batasan untuk mewujudkan masa depan adalah keraguan kita hari ini.)

42. Success is not about the destination, it's about the journey. - Zig Ziglar (Kesuksesan bukanlah tentang tujuan, tapi tentang perjalanan.)

44. The harder you work for something, the greater you'll feel when you achieve it. (Semakin keras kamu bekerja untuk sesuatu, semakin besar perasaanmu saat mencapainya.)

45. The secret to success is to know something nobody else knows. - Aristotle Onassis (Rahasia kesuksesan adalah mengetahui sesuatu yang tidak diketahui orang lain.)

47. Success is not about luck, it’s about hard work, persistence, and learning from failure. (Kesuksesan bukanlah tentang keberuntungan, itu tentang kerja keras, ketekunan, dan belajar dari kegagalan.)

48. Success is the sum of small efforts, repeated day-in and day-out. - Robert Collier (Kesuksesan adalah hasil dari usaha kecil, yang diulang setiap hari.)

49. Life is 10% what happens to us and 90% how we react to it. - Charles R. Swindoll (Hidup ini adalah 10% apa yang terjadi pada kita dan 90% bagaimana kita bereaksi terhadapnya)

50 Life is about making an impact, not making an income. - Kevin Kruse (Hidup adalah tentang berdampak, bukan tentang menghasilkan pendapatan.)

Kata Bijak Kopi Tentang Cinta

1. “Mengaduk kopi, mengadu sepi. Berkisah lagi tentang patah hati, semoga pelukanmu kelak akan melengkapi.”

2. “Ketika kopi menjadi sahabat sejati, pagi bukan lagi sebuah misteri. Seperti kamu yang slalu ada di hati, slalu mengisi hari-hari.”

3. “Biji kopi yang sama bisa jadi citarasa kopi lain di tangan yang beda. sama seperti kasih sayang jika di tangan yang beda maka beda pula kisahnya.”

4. “Di secangkir kopi, biarlah aku menjelma menjadi apa saja yang kau inginkan, menjadi pahit ataupun manis asal tetap kau rindukan.”

5. “Hitam pekat kopiku, tak sepekat pahit cintamu yang kau beri padaku.”

6. “Persamaan hidupku dengan kopi adalah kopi takkan manis tanpa adanya gula, begitu juga dengan hidupku. Hidupku akan pahit tanpa adanya dirimu.”

7. “Kopi ini tak lagi butuh gula jika kau ada di hadapanku.”

8. “Kopi hitam memang pahit itulah mengapa Tuhan ciptakan senyummu yang manis.”

9. “Semua itu ada pasangannya, kopi sama pahit, mawar sama duri dan jatuh cinta sama patah hati.”

10. “Untuk hati yang patah, segeralah merekah. Untuk jiwa yang sepi, segeralah minum kopi.”

11. “Ada yang bilang, kalau mantan itu sejenis kopi, apapun jenis sajiannya, pahitnya tetap mendominasi.”

12. “Dari candu kopi saja aku bisa lepas, apalagi cuma dari kamu yang sekadar masa lalu.”

13. “Jika kopimu terlalu manis cobalah meminumnya sembari mengenang masa lalu, barangkali bisa membantu.”

14. “Menyayangi tanpa disayangi balik bagaikan menyeruput kopi tanpa ada “aaaah” di ujungnya.”

15. “Jika kamu hanya ingin sekedar singgah, beri aku kopi, jangan beri aku hati.”

16. “Sementara menunggu kopi tersaji, rinduku resah sendiri, mengaisi embun pagi, berharap menemukan jejak dirimu di sela bebatu.”

17. “Cinta yang nggak ada pertengkaran sama sekali itu kayak kopi yang sudah kadaluarsa. Basi nggak ada sedap-sedapnya.”

18. “Ternyata, bangun lebih pagi adalah pembunuh gerutu. Karena kita punya waktu untuk secangkir kopi, setampuk lamunan, dan secarik rindu.”

19. “Seindah apa pun huruf terukir, dapatkah ia bermakna apabila tak ada jeda? Dapatkah ia dimengerti jika tak ada spasi?”

20. “Satu langkah kecil dari sebuah niat baik mampu membawa kita menuju sesuatu yang di luar imajinasi.”

21. “Bila engkau ingin satu, maka jangan ambil dua. Karena satu menggenapkan, tapi dua melenyapkan.”

22. “Jangan lumpuhkan aku dengan mengatasnamakan kasih sayang.”

23. “Buat apa ia pelihara luka hati yang cuma bikin matanya berair?”

24. “Cuaca demi cuaca melalui kami, dan kebenaran akan semakin dipojokkan. Sampai akhirnya nanti, badai meletus dan menyisakan kejujuran yang bersinar. Entah menghangatkan, atau menghanguskan.”

25. “Ada dunia di sekelilingmu. Ada aku di sampingmu. Namun, kamu mendamba rasa sendiri itu.”

Haruskah minum kopi untuk seks yang bergairah?

Tubuh setiap orang berbeda-beda. Anda mungkin akan mengalami reaksi yang berbeda dengan pasangan kalau minum kopi. Maka, sesuaikan dengan gaya hidup Anda sendiri.

Selain itu, Anda tak bisa sepenuhnya mengandalkan kopi untuk meningkatkan performa di atas ranjang. Berikut adalah beberapa hal lainnya yang perlu diperhatikan:

Batasi konsumsi alkohol

Agar performa di atas ranjang tetap terjaga, Anda juga sebaiknya mengurangi konsumsi minuman beralkohol.

Dengan demikian, efek minum kopi terhadap hubungan intim dengan pasangan pun akan terasa lebih maksimal.

Makan makanan bernutrisi

Untuk merasakan efek minum kopi terhadap kualitas hubungan intim secara maksimal, Anda tentu harus menyertainya dengan konsumsi makanan bergizi.

Ada beberapa pilihan makanan yang dipercaya baik untuk dikonsumsi sebelum berhubungan intim, lho. Beberapa di antaranya adalah tiram dan alpukat.

Kelola stres dengan baik

Stres adalah salah satu pemicu penurunan gairah selama berhubungan intim. Maka itu, upayakan untuk mengelola stres Anda, seperti dengan bermeditasi atau berkonsultasi ke psikolog.

Kalau Anda sudah biasa minum kopi setiap hari, Anda bisa meneguk dulu secangkir kopi hangat sebelum seks.

Namun, untuk menghindari efek sampingnya kopi terhadap hubungan intim, hindari minum kopi dalam dosis yang berlebihan.

Atau, jika Anda tidak menginginkan kadar kafein dari kopi yang terlalu tinggi, Anda bisa mencampur kopi dengan susu atau minuman lainnya.

[embed-health-tool-ovulation]

Berikut beberapa kata-kata motivasi bahasa inggris singkat dan artinya:

1. “Don't live life with regrets and make every minute count because everything happens for a reason.”

Artinya: Jangan menjalani hidup dengan penyesalan dan jadikan setiap menitnya berarti karena segalanya yang telah terjadi memiliki alasan di baliknya.

2. “One of the greatest regrets in life is being what others would want you to be, rather than being yourself." – Shannon L Alder

Artinya: Satu- satunya penyesalan terbesar dalam hidup adalah menjadi seperti orang lain inginkan dibanding menjadi diri kita sendiri.

3. “Never regrets being a good person, to the wrong people. Your behavior says everything about you, and their behavior says enough about them.”

Artinya: Jangan pernah menyesal untuk menjadi baik kepada orang yang salah. Tingkah lakumu mengatakan segalanya tentang pribadimu, dan tingkah laku mereka mengatakan segalanya tentang diri mereka.

4. “Optimism is the faith that leads to achievement. Nothing can be done without hope and confidence.” – Hellen Keller

Artinya: Optimisme adalah keyakinan yang mengarah pada prestasi. Tidak ada yang bisa dilakukan tanpa harapan dan kepercayaan diri.

5. “You can’t connect the dots looking forward; you can only connect them looking backward. So you have to trust that the dots will somehow connect in your future.” – Steve Jobs

Artinya: Kamu tidak dapat menghubungkan titik-titik ke depan, kamu hanya dapat menghubungkannya dengan melihat ke belakang. Jadi kamu harus percaya bahwa titik-titik itu entah bagaimana akan terhubung di masa depanmu.

6. “Tenderness and kindness are not signs of weakness and despair, but manifestations of strength and resolution.” – Kahlil Gibran

Artinya: Kelembutan dan kebaikan bukanlah tanda kelemahan dan keputusasaan, tetapi manifestasi dari kekuatan dan resolusi.

7. “Some are born great, some achieve greatness, and some have greatness thrust upon them.” – William Shakespeare

Artinya: Beberapa orang terlahir hebat, ada yang mencapai kebesaran, dan ada yang memiliki kebesaran tertuju kepada mereka.

8. "Where focus goes, energy flows." - Tony Robbins

Artinya: Dimana ada fokus maka di situlah energi akan mengalir

9. We will never know the real answer before we try."

Artinya: Kita tidak akan pernah tahu hasilnya sebelum kita mencoba

10. "Your life is as good as your mindset."

Artinya: Hidupmu sebaik pola pikirmu

Offenbar hast du diese Funktion zu schnell genutzt. Du wurdest vorübergehend von der Nutzung dieser Funktion blockiert.

Wenn dies deiner Meinung nach nicht gegen unsere Gemeinschaftsstandards verstößt,

Kehidupan setelah kematian (terkadang disebut juga akhirat atau alam baka) adalah konsep tentang suatu alam, atau alam itu sendiri (baik bersifat fisik maupun transendental), yang di dalamnya suatu bagian esensial dari kesadaran atau identitas seorang individu berlanjut keberadaannya setelah kematian tubuhnya. Menurut berbagai gagasan tentang kehidupan setelah kematian, aspek penting dari seorang individu yang hidup setelah kematian jasmani kemungkinan adalah beberapa elemen parsial, ataupun keseluruhan jiwa atau roh, dari individu tersebut, yang dibawanya dan memberikan identitas diri. Keyakinan pada kehidupan setelah kematian, yang mungkin bersifat naturalis atau supranatural, kontras dengan keyakinan pada ketiadaan atau keterlupaan kekal.

Dalam beberapa pandangan populer, keberadaan yang berlanjut ini sering kali terjadi dalam alam rohani, dan dalam pandangan populer lainnya, seorang individu kemungkinan dilahirkan kembali ke dalam dunia ini serta memulai kembali siklus hidup yang lain, mungkin tanpa ingatan akan apa yang telah ia lakukan di masa lalu. Menurut pandangan yang terakhir disebutkan itu, kematian dan kelahiran kembali tersebut dapat terjadi berulang-ulang secara terus menerus sampai sang individu diperkenankan masuk ke suatu Dunia lain atau alam rohani. Pandangan-pandangan utama mengenai kehidupan setelah kematian berasal dari agama, esoterisme, dan metafisika.

Sejumlah sistem kepercayaan, seperti yang terdapat dalam tradisi Abrahamik, berpegang pada pandangan bahwa orang yang telah meninggal dunia pergi menuju suatu alam keberadaan tertentu setelah kematian jasmaninya, sebagaimana ditentukan oleh Tuhan, suatu dewa/dewi, atau penghakiman ilahi lainnya, berdasarkan keyakinan atau tindakan mereka selama hidupnya di dunia ini. Sebaliknya, dalam sistem reinkarnasi, seperti yang terdapat dalam agama-agama India, hakikat dari keberadaan lanjutan tersebut ditentukan langsung oleh tindakan-tindakan sang individu dalam kehidupannya yang terakhir, bukan ditentukan oleh keputusan dari kodrat atau makhluk lainnya.

Dalam model-model metafisik, penganut teisme umumnya meyakini beberapa jenis kehidupan setelah kematian yang menanti orang-orang setelah mereka meninggal dunia. Penganut beberapa agama yang umumnya non-teistik, cenderung meyakini adanya suatu kehidupan setelah kematian, tetapi tanpa merujuk pada suatu dewa/dewi atau Tuhan. Kaum Saduki merupakan salah satu sekte Yahudi kuno yang pada dasarnya percaya bahwa Allah itu ada, tetapi mereka tidak percaya akan adanya kehidupan setelah kematian.

Banyak agama, entah meyakini keberadaan jiwa dalam dunia lain seperti Kekristenan, Islam, dan banyak sistem keyakinan pagan, atau reinkarnasi seperti banyak rupa agama Hindu dan Buddha, percaya bahwa status seseorang dalam kehidupan setelah kematian merupakan suatu ganjaran (balas jasa ataupun hukuman) atas perilaku mereka selama hidupnya di dunia ini.

Reinkarnasi mengacu pada suatu konsep kehidupan setelah kematian yang dianut oleh kaum Hindu, Buddhis, Jain, Sikh, Rosikrusian, Teosofis, Spiritis, dan Wiccan. Reinkarnasi juga merupakan suatu keyakinan yang dideskripsikan dalam Yudaisme Kabbalistik sebagai gilgul neshamot (Reinkarnasi Jiwa-Jiwa).[1] Dalam reinkarnasi, perkembangan rohani berlanjut setelah kematian saat orang yang telah wafat memulai kehidupan duniawi lainnya dalam dunia fisik, memperoleh suatu tingkatan superior kesadaran dan altruisme dengan cara reinkarnasi beruntun. Suksesi tersebut mengarah pada suatu pembebasan final.

Salah satu konsekuensi keyakinan-keyakinan reinkarnasi adalah bahwa kehidupan orang saat ini merupakan suatu kehidupan setelah kematian sekaligus kehidupan sebelum kematian. Menurut keyakinan-keyakinan ini, peristiwa-peristiwa dalam kehidupan orang pada saat ini merupakan akibat dari tindakan-tindakan yang diambil dalam kehidupan sebelumnya, atau Karma.

Kaum Rosikrusian,[2] sebagaimana mereka yang pernah memiliki pengalaman di ambang kematian, berbicara tentang suatu periode tinjauan hidup yang terjadi seketika setelah kematian dan sebelum memasuki alam keberadaan (sebelum rantai perak diputuskan)—yang diikuti oleh suatu penghakiman—dalam kehidupan setelah kematian, yang lebih seperti sebuah Tinjauan Final atau Laporan Akhir atas kehidupan seseorang.[3]

Agama-agama Abrahamik pada umumnya berpandangan bahwa setelah kehidupannya di dunia ini berakhir orang akan pergi menuju neraka ataupun surga tergantung pada perbuatan atau iman seseorang di Bumi, atau predestinasi dan pemilihan tanpa syarat, atau juga menuju suatu keadaan peralihan untuk menantikan Kebangkitan orang mati.[butuh rujukan] Dalam kebanyakan denominasi,[butuh rujukan] surga merupakan suatu kondisi balas jasa atau penghargaan bagi orang-orang yang dibenarkan setelah mereka meningggal dunia, yang menurut tradisi didefinisikan sebagai persatuan abadi dengan Allah.

Berbeda dengan surga, neraka merupakan suatu kondisi hukuman dan siksaan bagi orang-orang jahat, yang menurut tradisi didefinisikan sebagai keterpisahan abadi dari Allah serta keterpenjaraan dengan para malaikat yang jatuh dan jiwa lainnya yang tidak dibenarkan.

Terlepas dari pandangan populer, Limbo, yang dielaborasi oleh para teolog pada Abad Pertengahan, tidak pernah diakui sebagai suatu dogma Gereja Katolik Roma, namun kadang-kadang menjadi suatu konsep teologis yang sangat populer di dalam Gereja. Limbo adalah suatu konsep yang menyatakan bahwa jiwa-jiwa yang dipandang tidak bersalah dan tidak dibaptis, misalnya para bayi, para individu luhur yang hidup sebelum Yesus Kristus lahir di bumi, atau mereka yang meninggal dunia sebelum baptisan, tidak secara tepat berada dalam Surga atau Neraka. Oleh karena itu, jiwa-jiwa tersebut tidak mengalami visiun beatifis, namun juga tidak dikenakan hukuman, karena mereka tidak dipersalahkan atas dosa pribadi apapun kendati mereka belum menerima baptisan, sehingga masih menanggung beban dosa asal. Maka mereka umumnya dipandang berada dalam suatu kondisi kebahagiaan alami/natural, bukan supranatural, hingga akhir zaman.

Dalam beberapa denominasi Kristen lainnya, Limbo dideskripsikan sebagai suatu tempat peralihan atau keadaan penahanan dalam keterlupaan dan terabaikan.[4]

Gagasan tentang purgatorium terutama dikaitkan dengan Gereja Katolik. Dalam Gereja Katolik, semua orang yang meninggal dunia dalam rahmat dan persahabatan dengan Allah, namun masih belum dimurnikan secara sempurna, memang terjamin keselamatan kekal mereka; tetapi wafatnya mereka menjalani pemurnian, untuk mencapai kekudusan yang diperlukan untuk memasuki kebahagiaan surga ataupun pemurnian akhir orang-orang yang dipilih, yang sama sekali berbeda dengan hukuman bagi orang-orang yang terkutuk. Tradisi Gereja, dengan merujuk pada teks-teks tertentu dalam kitab suci, berbicara tentang suatu "api penyucian" meski tidak selalu disebut 'purgatorium' (kata Latin yang secara harfiah berarti pembersihan, pemurnian, penyucian).

Kalangan Anglikan dengan tradisi Anglo-Katolik umumnya juga memegang keyakinan ini. John Wesley, pendiri Metodisme, percaya pada adanya suatu keadaan peralihan antara kematian jasmani dan kebangkitan orang mati serta pada kemungkinan "terus bertumbuh dalam kekudusan di sana", namun Metodisme tidak secara resmi menegaskan keyakinan ini dan sejumlah kalangan Metodis menolak kemungkinan diperlukannya bantuan melalui doa bagi mereka yang mungkin berada dalam keadaan tersebut.[5]

Tulisan yang kemudian digabungkan ke dalam Alkitab Ibrani menyebut Sheol ("dunia orang mati") sebagai kediaman orang yang telah meninggal dunia.[6] Secara tradisi, interpretasi ulang penulis Kristen adalah bahwa kata Ibrani Sheol dapat berarti banyak hal, termasuk "kubur", "tmpat yang dimaksudkan untuk hal tertentu", "tempat penantian", dan "tempat penyembuhan". Kata tersebut juga dapat berarti "jauh di dalam",[butuh rujukan] sebagaimana digunakan ketika bumi terbuka dan membinasakan Korah, Datan, dan Abiram yang memberontak beserta 250 pengikut mereka (Bilangan 16:31-33). Orang mungkin memandang hal ini secara harfiah sebagai implikasi bahwa Sheol merupakan dunia bawah tanah, meski dengan mudah dapat dibaca secara harfiah untuk menandakan suatu gempa bumi atau terbelahnya bumi.

1 Samuel 29:3-19: "Adapun Samuel sudah mati. ... Lalu berkatalah Saul kepada para pegawainya: 'Carilah bagiku seorang perempuan yang sanggup memanggil arwah; ... Jawabnya: 'Panggillah Samuel supaya muncul kepadaku.' ... Perempuan itu menjawab Saul: 'Aku melihat sesuatu yang ilahi muncul dari dalam bumi.' Maka tahulah Saul, bahwa itulah Samuel. ... Sesudah itu berbicaralah Samuel kepada Saul: 'Mengapa engkau mengganggu aku dengan memanggil aku muncul?' Kata Saul: 'Aku sangat dalam keadaan terjepit ...' Lalu berbicaralah Samuel: 'Mengapa engkau bertanya kepadaku, padahal TUHAN telah undur dari padamu dan telah menjadi musuhmu? ... dan besok engkau serta anak-anakmu sudah ada bersama-sama dengan daku. ..."

Pengkhotbah 3:19-21: "Karena nasib manusia adalah sama dengan nasib binatang, nasib yang sama menimpa mereka; sebagaimana yang satu mati, demikian juga yang lain. Kedua-duanya mempunyai nafas yang sama, dan manusia tak mempunyai kelebihan atas binatang, karena segala sesuatu adalah sia-sia. Kedua-duanya menuju satu tempat; kedua-duanya terjadi dari debu dan kedua-duanya kembali kepada debu. Siapakah yang mengetahui, apakah nafas manusia naik ke atas dan nafas binatang turun ke bawah bumi."

Pengkhotbah 9:3-6: "Inilah yang celaka dalam segala sesuatu yang terjadi di bawah matahari; nasib semua orang sama. Hati anak-anak manusiapun penuh dengan kejahatan, dan kebebalan ada dalam hati mereka seumur hidup, dan kemudian mereka menuju alam orang mati. Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati. Karena orang-orang yang hidup tahu bahwa mereka akan mati, tetapi orang yang mati tak tahu apa-apa, tak ada upah lagi bagi mereka, bahkan kenangan kepada mereka sudah lenyap. Baik kasih mereka, maupun kebencian dan kecemburuan mereka sudah lama hilang, dan untuk selama-lamanya tak ada lagi bahagian mereka dalam segala sesuatu yang terjadi di bawah matahari."

Demikian pula Mazmur 146:3-4 menyatakan: "Janganlah percaya kepada para bangsawan, kepada anak manusia yang tidak dapat memberikan keselamatan. Apabila nyawanya melayang, ia kembali ke tanah; pada hari itu juga lenyaplah maksud-maksudnya."

Dalam Ayub 14:10,12,14a disebutkan: "Tetapi bila manusia mati, maka tidak berdayalah ia, bila orang binasa, di manakah ia? ... demikian juga manusia berbaring dan tidak bangkit lagi, sampai langit hilang lenyap, mereka tidak terjaga, dan tidak bangun dari tidurnya. ... Kalau manusia mati, dapatkah ia hidup lagi?"

Talmud menyajikan sejumlah pemikiran yang berhubungan dengan kehidupan setelah kematian. Para otoritas Talmudik bersepakat bahwa setiap orang bukan Yahudi yang luhur dan saleh akan mendapat bagian dalam dunia yang akan datang. Setelah kematian jasmani, jiwa menghadapi penghakiman. Mereka yang telah menjalani kehidupan murni segera masuk ke dalam "Olam Haba" atau Dunia Akan Datang. Kebanyakan jiwa tidak segera memasuki Dunia Akan Datang, tetapi mengalami suatu periode peninjauan atas tindakan-tindakan duniawi mereka dan mereka disadarkan akan apa yang telah mereka lakukan dengan salah. Beberapa kalangan memandang periode ini sebagai suatu "persekolahan kembali", dengan diperolehnya kebijaksanaan oleh jiwa saat kesalahan-kesalahannya ditinjau. Kalangan lainnya memandang periode ini mencakup ketidaknyamanan secara rohani atas kesalahan-kesalahan di masa lalu. Pada akhir periode ini, tidak lebih dari 1 tahun, jiwa kemudian mendiami Dunia Akan Datang. Walaupun ketidaknyamanan-ketidaknyamanan tercakup dalam konsepsi-konsepsi Yahudi tertentu mengenai kehidupan setelah kematian, konsep "hukuman kekal", yang umum dalam agama-agama lainnya, bukan merupakan prinsip keyakinan dalam kehidupan setelah kematian Yahudi. Menurut Talmud, kemusnahan jiwa dikhususkan bagi suatu kelompok yang jauh lebih kecil yang terdiri dari para pemimpin jahat dan durjana, baik yang perbuatan-perbuatannya sangat jahat dan jauh di luar norma, ataupun mereka yang memimpin kelompok besar massa penjahat ekstrem.[7][8]

Maimonides mendeskripsikan Olam Haba ("Dunia yang Akan Datang") dalam hal-hal rohani, menurunkan status kebangkitan fisik yang dinubuatkan menjadi suatu keajaiban masa mendatang, tidak berkaitan dengan kehidupan setelah kematian atau era Mesianik. Menurut Maimonides, suatu kehidupan setelah kematian terus berlanjut bagi jiwa setiap manusia, saat jiwa terpisah dari tubuhnya yang di dalamnya jiwa "ditempatkan" selama keberadaan duniawinya.

Zohar mendeskripsikan Gehenna bukan sebagai suatu tempat hukuman bagi orang fasik, tetapi sebagai suatu tempat penyucian rohani bagi jiwa-jiwa.[9]

Meskipun tidak terdapat rujukan mengenai reinkarnasi di dalam Talmud atau tulisan-tulisan sebelumnya,[10] menurut para rabi seperti Avraham Arieh Trugman, reinkarnasi dikenal sebagai bagian yang tak terpisahkan dalam tradisi Yahudi. Trugman menjelaskan bahwa, melalui tradisi lisan, makna dari Taurat, semua kisah dan perintah yang terdapat dikandungnya, dikenal dan dipahami. Karya klasik mistisisme Yahudi,[11] Zohar, dikutip secara bebas dalam semua pembelajaran Yahudi; gagasan tentang reinkarnasi disebutkan berulang kali dalam Zohar. Trugman menyatakan bahwa, selama lima abad terakhir, konsep reinkarnasi, yang hingga saat itu merupakan suatu tradisi tersembunyi di dalam Yudaisme, dipaparkan secara terbuka.[11]

Shraga Simmons berkomentar bahwa dalam Alkitab sendiri, gagasan tentang reinkarnasi tersirat dalam Ul. 25:5-10, Ul. 33:6, dan Yes. 22:14, 65:6.[12]

Yirmiyahu Ullman menuliskan bahwa reinkarnasi merupakan suatu "keyakinan kuno, [termasuk] arus utama dalam Yudaisme". Zohar secara panjang lebar dan sering menyebutkan reinkarnasi. Onkelos, seorang komentator otoritatif dan konver yang dibenarkan dari periode yang sama, menjelaskan kalau ayat "Biarlah Ruben hidup dan jangan mati ..." (Ulangan 33:6) berarti bahwa Ruben seharusnya secara langsung layak untuk Dunia Akan Datang, dan tidak perlu wafat lagi sebagai akibat dari reinkarnasi. Seorang Kabbalis, komentator, dan akademisi Taurat yang bernama Nahmanides (Ramban, 1195–1270) menghubungkan penderitaan Ayub dengan reinkarnasi, sebagaimana diisyaratkan dalam Ayub 33:29-30: "Sesungguhnya, semuanya ini dilakukan Allah dua, tiga kali terhadap manusia: mengembalikan nyawanya dari liang kubur, sehingga ia diterangi oleh cahaya hidup."[13]

Reinkarnasi, disebut gilgul, menjadi populer dalam kepercayaan rakyat, dan ditemukan dalam banyak literatur Yiddi di kalangan Yahudi Ashkenazi. Di antara beberapa kaum kabbalis, dikemukakan bahwa sejumlah jiwa manusia dapat berakhir dalam kondisi reinkarnasi ke tubuh non-manusia. Gagasan-gagasan tersebut ditemukan di sejumlah karya Kabbalistik dari abad ke-13, dan juga di antara banyak mistikus pada akhir abad ke-16. Koleksi awal kisah kehidupan Baal Shem Tov yang disusun oleh Martin Buber memuat beberapa rujukan tentang orang-orang yang menjelma kembali (reinkarnasi) dalam sejumlah kehidupan secara berturutan.[14]

Di antara para rabi terkenal (umumnya non-kabbalis atau anti-kabbalis) yang menolak gagasan tentang reinkarnasi misalnya Saadia Gaon, David Kimhi, Hasdai Crescas, Yedayah Bedershi (awal abad ke-14), Joseph Albo, Abraham ibn Daud, Asher ben Jehiel, dan Leone dari Modena. Saadia Gaon, dalam Emunot ve-Deot (bahasa Ibrani: "keyakinan-keyakinan dan pendapat-pendapat"), mengakhiri Bagian VI dengan sanggahan terhadap doktrin metempsikosis (reinkarnasi). Saat menyangkal konsep reinkarnasi, Saadia Gaon lebih lanjut menyatakan bahwa kaum Yahudi yang memegang keyakinan akan reinkarnasi telah mengadopsi keyakinan-keyakinan non-Yahudi. Kendati tidak semua kaum Yahudi saat ini percaya pada reinkarnasi, namun keyakinan akan reinkarnasi bukannya tidak lazim di antara banyak kaum Yahudi, termasuk Yahudi Ortodoks.[butuh rujukan]

Rabi terkenal lainnya yang merupakan reinkarnasionis misalnya Yonassan Gershom, Abraham Isaac Kook, akademisi Talmud Adin Steinsaltz, DovBer Pinson, David M. Wexelman, dan Zalman Schachter.[15] Reinkarnasi dikutip oleh para komentator otoritatif biblika seperti Ramban (Nahmanides), Menachem Recanti, dan Rabbenu Bachya.[butuh rujukan]

Di antara banyak volume Isaac Luria, yang kebanyakan diturunkan dari pena murid utamanya, Hayyim ben Joseph Vital, terdapat tinjauan yang menjelaskan isu-isu terkait reinkarnasi. Karyanya yang berjudul Shaar HaGilgulim, "Pintu-Pintu Gerbang Reinkarnasi", merupakan sebuah buku yang ditujukan secara khusus untuk subjek reinkarnasi dalam agama Yahudi.

Rabi Naftali Silberberg dari Institut Pembelajaran Yahudi Rohr mencatat bahwa, "Banyak gagasan yang berasal dari sistem-sistem keyakinan dan agama lain yang telah dipopulerkan dalam media dan diambil begitu saja oleh orang-orang Yahudi yang bersahaja."[16] Dengan begitu manusia akan masuk ke dalam kuburan & terpisah alan, ini artinya orang-orang akan mati sahid.

Kekristenan arus utama mengakukan keyakinan dalam Pengakuan Iman Nicea, dan mengandung frasa: "Aku menantikan kebangkitan orang mati dan kehidupan pada zaman yang akan datang (versi Katolik: hidup di akhirat)." Eskatologi Kristen berhubungan dengan kematian, suatu keadaan antara, Surga, Neraka, Kedatangan Kedua Yesus Kristus, kebangkitan orang mati, suatu pengangkatan, suatu kesusahan, Milenium, akhir dunia, penghakiman terakhir, suatu langit yang baru dan suatu bumi yang baru, serta penggenapan akhir dari semua rencana Allah. Ayat-ayat eskatologis ditemukan dalam banyak bagian Alkitab, terutama Kitab Yesaya, Daniel, Matius 24, Matius 25, dan Wahyu. Meskipun hukuman-hukuman menjadi bagian dari sejumlah konsepsi Kristen mengenai kehidupan setelah kematian, konsep umum "hukuman kekal" merupakan keyakinan prinsip Kristen dalam kehidupan setelah kematian.

Ketika ditanya oleh kaum Saduki tentang kebangkitan orang mati (dalam konteks terkait siapa yang menjadi suami dari seorang perempuan yang telah menikah beberapa kali dalam hidupnya), Yesus menjelaskan mengenai tidak relevannya pernikahan setelah kebangkitan karena orang yang dibangkitkan akan (setidaknya dalam hal ini) hidup seperti para malaikat dalam surga.[17]

Yesus juga menyatakan bahwa waktunya akan tiba ketika orang yang telah meninggal dunia akan mendengar suara Putra Allah, dan semua orang dalam kubur akan keluar, mereka yang telah melakukan perbuatan-perbuatan baik dibangkitkan kembali dalam kehidupan, tetapi mereka yang telah melakukan perbuatan-perbuatan jahat dibangkitkan kembali untuk dihukum.[18] Menurut Injil Matius, saat Yesus wafat kuburan-kuburan terbuka, dan saat Yesus bangkit kembali banyak orang kudus yang telah wafat muncul dari kuburan mereka dan pergi ke "kota kudus" (mungkin Yerusalem Baru).[19] Tidak ada laporan Perjanjian Baru lainnya yang mengisahkan peristiwa tersebut.

Hari Terakhir: Yesus membandingkan kerajaan surga, di mana Ia memerintah, dengan jala yang dilemparkan ke laut dan menghimpun segala jenis ikan. Setelah penuh, jala itu ditarik orang ke pantai, lalu ikan yang baik disortir dan ditaruh dalam tempayan, namun ikan yang buruk dibuang. Tertulis bahwa hal serupa akan terjadi pada akhir zaman, yang dikenal sebagai Hari Terakhir. Para malaikat akan memisahkan orang jahat dari orang yang dibenarkan dan menempatkan mereka di dalam "dapur api". Kemudian orang-orang yang dibenarkan akan bercahaya seperti matahari di dalam kerajaan Bapa mereka.

Kitab Henokh mendeskripsikan bahwa Sheol terbagi menjadi empat kompartemen untuk 4 jenis arwah: orang kudus yang taat yang menanti kebangkitan di dalam Firdaus, orang yang sekadar saleh yang menanti pahala mereka, orang fasik yang menunggu hukuman, serta orang fasik yang telah dihukum dan tidak akan dibangkitkan pada Hari Penghakiman.[20] Perlu dicatat bahwa Kitab Henokh dipandang apokrif oleh kebanyakan denominasi Kristen dan semua denominasi Yudaisme.

Kitab 2 Makabe menyajikan suatu laporan yang jelas mengenai arwah yang menantikan penghakiman dan kebangkitan di masa mendatang, beserta persembahan dan doa bagi arwah untuk menghapus beban yang diakibatkan oleh dosa.

Penulis Injil Lukas menceritakan kisah Lazarus dan orang kaya, yang memperlihatkan orang-orang dalam Hades yang sedang menantikan kebangkitan baik dalam keadaan yang nyaman ataupun tersiksa. Penulis Kitab Wahyu menggambarkan tentang Allah dan para malaikat melawan Setan dan roh-roh jahat dalam suatu pertempuran epik pada akhir zaman saat semua jiwa dihakimi. Ada disebutkan tubuh-tubuh para nabi terdahulu yang seperti hantu, dan Transfigurasi.

Kisah Paulus dan Tekla, yang dipandang non-kanonik, berbicara tentang keampuhan doa bagi orang yang telah meninggal dunia, sehingga mereka dapat "dipindahkan ke suatu keadaan kebahagiaan".[21]

Hippolitus dari Roma menggambarkan "dunia bawah" (Hades) sebagai suatu tempat kediaman arwah yang dibenarkan, menantikan kebangkitan mereka dalam pangkuan Abraham, bergembira karena prospek masa depan mereka, sementara orang-orang yang tidak dibenarkan tersiksa memandang "lautan api yang tak terpadamkan" yang ke dalamnya mereka akan dicampakkan.

Gregorius dari Nyssa membahas kemungkinan yang telah lama dipercaya akan adanya pemurnian jiwa setelah kematian jasmani.[22]

Gregorius Agung mengulangi konsep tersebut, yang diartikulasi lebih dari satu abad sebelumnya oleh Gregorius dari Nyssa, bahwa orang yang diselamatkan mengalami pemurnian setelah ia meninggal dunia, sehubungan dengan yang ia tuliskan tentang "api-api purgatorial".

Kata benda "purgatorium" (kata Latin yang berarti tempat pembersihan[23]) digunakan pertama kali untuk mendeskripsikan suatu keadaan pemurnian yang menyakitkan atas orang-orang yang diselamatkan setelah kehidupan di dunia ini. Kata yang sama dalam bentuk kata sifat (purgatorius -a -um, pembersihan), yang terlihat juga dalam tulisan non-religius,[24] telah digunakan oleh kalangan Kristen seperti Agustinus dari Hippo dan Paus Gregorius I (Gregorius Agung) untuk mengacu pada suatu pembersihan setelah kematian jasmani.

Selama Abad Pencerahan, para teolog dan filsuf menyajikan beragam filosofi dan keyakinan. Salah satu contoh penting yaitu Emanuel Swedenborg yang menulis sekitar 18 karya teologis yang mendeskripsikan secara rinci hakikat kehidupan setelah kematian menurut apa yang ia klaim sebagai pengalaman-pengalaman rohani, di antara karyanya yang terpenting misalnya Surga dan Neraka.[25] Laporannya tentang kehidupan itu mencakup berbagai topik, seperti pernikahan di dalam surga (di mana semua malaikat 'menikah'), anak-anak di dalam surga (di mana mereka 'dibesarkan' oleh orang tua yang adalah malaikat), ruang dan waktu di dalam surga (sama sekali tidak ada), proses kebangunan setelah kematian dalam Dunia Roh (suatu tempat di pertengahan jalan antara Surga dan Neraka serta tempat orang pertama kali bangun setelah kematian), diizinkannya orang memilih seturut kehendak bebasnya antara Surga atau Neraka (bukan dikirimkan ke salah satunya oleh Allah), keabadian Neraka (orang dapat meninggalkannya tetapi tidak akan pernah mau meninggalkannya), dan bahwa para malaikat ataupun roh jahat sebelumnya adalah orang-orang di bumi.[25]

Di sisi lain, Abad Pencerahan menghasilkan filosofi-filosofi yang lebih rasionalis seperti deisme. Banyak pemikir bebas deis berpandangan bahwa keyakinan akan adanya suatu kehidupan setelah kematian beserta dengan penghargaan dan hukuman merupakan suatu kebutuhan dari akal dan moral yang baik.

Wikimedia Commons memiliki media mengenai

Wikiversity memiliki bahan belajar tentang

Kata Bijak Kopi mengumpamakan rasa, proses membuat, dan saat mengonsumsi layaknya sebuah kehidupan. Berbagai rasa dan suasana yang dirasakan seseorang saat menengguk kopi diungkapkan ke dalam kata-kata indah saat meminum kopi.

Meminum kopi pun memiliki filosofi tersendiri bagi setiap orang. Ada berbagai rasa yang dimiliki kopi, dan rasa tersebut diterjemahkan ke dalam kata yang berbeda-beda untuk setiap orang. Berbagai jenis kopi tentunya juga memiliki ragam rasa yang berbeda.

Kata bijak kopi merupakan kombinasi rasa dan filosofi dari meminum kopi. Setiap orang tentunya memiliki berbagai filosofi tersendiri akan kopi yang diminumnya, begitu pula dengan suasana yang dia rasakan saat meminum kopi.

Berikut kami rangkum dari berbagai sumber.